” Orang Ketapang Tidak Boleh Takut Melapor Jika Menemukan Pelanggaran! “

Masyarakat Kabupaten Ketapang harus terlibat aktif dalam memberikan pengaduan jika menemukan pelanggaran oleh pejabat perangkat daerah atau unit pelayanan publik yang dirasa mengecewakan dalam memberikan pelayanan. Pemerintah Kabupaten Ketapang mendorong partisipasi masyarakat demi kemajuan Kabupaten Ketapang kita tercinta.

Pemerintah Kabupaten Ketapang dengan senang hati mendengarkan segala aspirasi masyarakat. Anda sangat disarankan melapor, dari pada mengeluh disosmed yang ujung-ujungnya tidak tepat sasaran, lebih baik download aplikasi lapor! digoogle play & app store, atau bisa juga melalui SMS dan mention ke twitter.

Lalu bagaimana cara saya melaporkan berkaitan dengan Pemerintahan Kabupaten Ketapang secara benar?

Yuk kenalan dulu dengan Aplikasi Lapor! simak video dibawah ini.

Apa Itu LAPOR!?

Pengelolaan pengaduan pelayanan publik di setiap organisasi penyelenggara di Indonesia belum terkelola secara efektif dan terintegrasi. Masing-masing organisasi penyelenggara mengelola pengaduan secara parsial dan tidak terkoordinir dengan baik. Akibatnya terjadi duplikasi penanganan pengaduan, atau bahkan bisa terjadi suatu pengaduan tidak ditangani oleh satupun organisasi penyelenggara, dengan alasan pengaduan bukan kewenangannya. Oleh karena itu, untuk mencapai visi dalam good governance maka perlu untuk mengintegrasikan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik dalam satu pintu. Tujuannya, masyarakat memiliki satu saluran pengaduan secara Nasional.

Untuk itu Pemerintah Republik Indonesia membentuk Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708 (Telkomsel, Indosat, Three), Twitter @lapor1708 serta aplikasi mobile (Android dan iOS). Lembaga pengelola SP4N-LAPOR! adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) sebagai Pembina Pelayanan Publik, Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai Pengawas Pelayanan Publik. LAPOR! telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015.

SP4N-LAPOR! dibentuk untuk merealisasikan kebijakan “no wrong door policy” yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya. SP4N bertujuan agar:

  • Penyelenggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinasi dengan baik;
  • Penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan; dan
  • Meningkatkan kualitas pelayanan publik.

SP4N-LAPOR! telah terhubung dengan 34 Kementerian, 96 Lembaga, dan 493 Pemerintah daerah di Indonesia

Fitur-fitur yang ada dalam SP4N-LAPOR!

  • Anonim: Fitur yang bisa dipilih oleh pelapor yang akan membuat identitas pelapor tidak akan diketahui oleh pihak terlapor dan masyarakat umum.
  • Rahasia: Seluruh isi laporan tidak dapat dilihat oleh publik.
  • Tracking id: Nomor unik yang berguna untuk meninjau proses tindak lanjut laporan yang disampaikan oleh masyarakat

“ Berani LAPOR! Untuk Pelayanan Publik Kabupaten Ketapang yang Lebih Baik ”


Download Aplikasi Lapor!

Statistik Permohonan Informasi

Hari Ini

0

Bulan Ini

0

Tahun Ini

0

Total

0

*Perhitungan dimulai tahun 2021

PPID Kabupaten Ketapang

Informasi Terbaru


Link Terkait

PEMERINTAH KABUPATEN KETAPANG



Portal SP4N lapor.go.id Kabupaten Ketapang

Orang Ketapang Tidak Boleh Takut Melapor Jika Menemukan Pelanggaran!

Portal PPID Kabupaten Ketapang

Dikelola Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang

Informasi Publik :

Hak Anda Untuk Tahu!


Kontak PPID Kabupaten Ketapang

ppid@ketapangkab.go.id

(0534) 3032734

Jl. Jend. Urip Sumoharjo, No. 06, Kab. Ketapang,

Prov. Kalimantan Barat, 78811