MENKO PMK RI APRESIASI LEMBAGA NEGARA KI PUSAT GELAR WEBINAR ‘OPTIMALISASI PELAYANAN INFORMASI PUBLIK UNTUK PERCEPATAN VAKSINASI COVID-19’

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. memberikan apresiasi kepada Lembaga Negara Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KI Pusat RI) yang telah menyelenggarakan kegiatan webinar bertitel ‘Optimalisasi Pelayanan Informasi Publik untuk Percepatan Vaksinasi Covid-19’
Menko PMK menyampaikan hal tersebut dalam sambutan pembukaan webinar percepatan vaksinasi Covid-19 yang dibacakan oleh Sekretaris Menko PMK Yohanes Baptista Satya yang digelar secara hybrid di Ruang Rapat lt. 9 Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta, Senin (27/12/2021). “Kegiatan ini merupakan hal yang penting, karena diharapkan akan mendorong pencapaian vaksinasi dan memulihkan kesehatan. Pemulihan kesehatan menjadi prioritas utama untuk kemudian dapat menjadi katalis bagi pemulihan sektor ekonomi dan sektor-sektor lainnya,” jelas Menko PMK.
Kegiatan webinar yang digagas oleh KI Pusat ini melibatkan sejumlah Narasumber berkompeten, mulai dari Menko PMK diwakili Sesmenko Yohanes Baptista Satya, Deputi II Kantor Staf Presiden RI Abetnego Tarigan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Analis dan PR Google Indonesia Arianne Santoso, dan penggagas webinar Komisioner Bidang PSI (Penyelesaian Sengketa Informasi) KI Pusat Arif A Kuswardono dengan Moderator Dwi Anggia (Presenter TV One). Webinar diikuti sekitar 1.000 peserta dari seluruh Indonesia, terdiri dari Pimpinan Badan Publik, PPID Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota, KI Provinsi, KI Kabupaten dan Kota, serta kalangan media massa yang disiarkan live streaming di official yotuber KI Pusat dan TV Desa.
Menko PMK menyampaikan lebih lanjut bahwa, Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID) mempunyai peran yang sangat penting untuk mendukung pemerintah dalam menyebarkan informasi, sosialisasi, dan edukasi masyarakat. Menurutnya, PPID sebagai bagian dari Badan Publik (BP) dapat berperan lebih proaktif untuk menpercepat program vaksinasi COVID-19, melalui pengoptimalan layanan Informasi Publik, dengan demikian, diharapkan masyarakat akan mendapatkan informasi yang benar dan muktakhir tentang situasi COVID-19 dan akses vaksinasi.
Dengan demikian, ia menyatakan, selain semakin banyak masyarakat yang patuh menjalankan protokol kesehatan, mereka juga melengkapinya dengan vaksinasi. Karenanya, pandemi dapat terkendali dan penularan di tingkat komunitas akan semakin menurun hingga semakin mendekati nol, angka kematian dan kesakitan pun menjadi rendah. Pada akhirnya upaya ini sekaligus mendorong tidak hanya pembangunan pada sektor kesehatan, tetapi juga pembangunan ekonomi, dan sosial untuk Indonesia yang lebih baik.
Disampaikannya pula, ucapan terima kasih kepada segenap bangsa yang telah memberikan kontribusinya, loyalitas dan integritasnya dalam mendukung program pemerintah, utamanya dalam penanganan kesehatan dalam menghadapi pandemi COVID-19. “Saya juga mengharapkan kita semua bisa memberikan kontribusi dan upaya bersama yang tujuannya untuk kemajuan bangsa Indonesia. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk kepada kita semua dalam melaksanakan pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta,” harap Menko Muhadjir dalam sambutannya.(Laporan: Karel Salim/Foto PrtSc Zoom: Reyhan)

sumber: https://komisiinformasi.go.id/wp-content/uploads/2021/12/optimalisasi-vaksin-27122021.jpg