Hampir Sebulan Ini, Pasien Covid-19 di Rumah Sakit di Ketapang Kosong

Kasus Covid-19 di Kabupaten Ketapang sebulan terakhir ini melandai. Dua Rumah sakit rujukan di Kabupaten Ketapang kini tak lagi kedatangan pasien Covid-19.

“Sudah hampir sebulan ini (pasien Covid-19) kosong,” ujar Direktur Rumah Sakit Fatima Ketapang dr Margaretha Indah, Rabu (17/11/2021) siang.

Sebelumnya rumah sakit yang berlokasi di Jalan S. Parman Ketapang itu menyiapkan 45 tempat tidur khusus pasien Covid-19. Namun dengan kondisi seperti ini, rumah sakit tersebut mengurangi tempat tidur.

“Kemarin 45 (tempat tidur) sekarang sesuai kasus saja,” ujarnya.

Kendati demikian, RS Fatima memastikan senantiasa siap dalam mengantisipasi ledakan kasus. Pihaknya bahkan sudah menyiapkan gedung khusus dalam penanganan pasien Covid-19.

“Iya, tapi klo terjadi ledakan kasus, kami sudah siapkan gedung khusus, karena Karena Covid ini tidak dapat diprediksi, kita kan pernah kosong dua bulan terus meledak, dulu sebelum Juli kan gitu, tenang, tapi terus badai,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD dr. Agoesdjam Ketapang, drg Basaria Rajagukguk. Sudah lebih dari dua pekan ini pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Ketapang tersebut nihil.

“Sementara ini belum ada, sudah dua pekanlah kira-kira, kalaupun ada suspek, itupun satu dua,” ujarnya.

Meski kasus Covid-19 menunjukkan tren penurunan, warga tetap diimbau menerapkan protokol kesehatan.

“Harus tetap mentaati protokol kesehatan dengan cara memakai masker, mencuci tangan di air mengalir dan menjaga jarak agar tidak terpapar Covid-19 biar kasus covid di daerah kita terus turun,” pungkasnya. ***

sumber:https://ketapang.suarakalbar.co.id/2021/11/hampir-sebulan-ini-pasien-covid-19-di.html