Keterbukaan Informasi Badan Publik Se-Kalbar,Pemkab Ketapang Raih Kategori Informatif (Zona Hijau)

Hasil Monitoring dan Evaluasi Komisi Informasi Kalimantan Barat tahun 2021, akhirnya menetapkan Keterbukaan Informasi Publik Badan Publik Pemerintah Kabupaten Ketapang sudah “Informatif” (zona hijau). Ini merupakan terobosan besar, dimana hasil monev KI Kalbar pada PPID Ketapang pada tahun tahun sebelumnya Pemerintah Kabupaten Ketapang berada pada zona kuning.

Semoga peringkat Zona hijau dapat terus dipertahankan dan posisi Ketapang semakin baik dalam melaksanakan Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik. Hasil Monev Komisi Informasi Kalbar diumumkan pada penganugerahan Badan Publik di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (11 November 2021) dan dapat disaksikan langsung di kanal youtube https://youtu.be/okO2uwAe534

Diraihnya kategori Informatif Bagi pemerintah kabupaten Ketapang, sudah dilaporkan Maryanto, S.AP, ME Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Ketapang kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo S.Stp, M.Si dalam pertemuan audiensi Dinas Komunikasi dan Informatika dengan Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang, Kamis (11 Nopember 2021). Disebutkan walaupun perngkat Ketapang masih berada di peringkat sembilan dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar, namun kondisi ini sudah mengubah banyak kategori Kabupaten Ketapang. Dimana, pada tahun tahun sebelumnya masih bertahan di zona kuning, namun sejak tahun 2021 sudah masuk katagori zona hijau. Untuk meningkatkan peringkat, harapannya semua badan publik yang dibiayai APBD di Kabupaten Ketapang terus didorong untuk melaksanakan UU keterbukaan Informasi Publik. Karena hal ini sudah diamanahkan Undang-Undang. selain itu, draf Perbup tentang pedoman pelaksanaan PPID di kabupaten Ketapang yang sudah diusulkan agar segera mungkin dapat disahkan menjadi Perbup. Demikian dalam pelaksanaan PPID di semua badan publik diharapkan dapat membuat daftar informasi pengecualian sehingga memudahkan dalam pelayanan informasi sebagaimana diatur dalam peraturan yang berlaku.

Masuknya Kabupaten Ketapang sebagai zona hijau (informatif) dalam keterbukaan informasi publik direspon positip oleh Sekda Ketapang, Alexander Wilyo S.Stp, M.Si. Karena itu juga, dia mengharapkan semua badan publik men dokumentasikan setiap kegiatan dalam memberikan informasi ke masyarakat. Memberikan informasi ke masyarakat tentunya diharapkannya mengggunakan media yang ada, baik website maupun medis sosial. Selain itu, tentuya informasi yang dikecualikan diharapkan dapat dilaksanakan menyesuaikan dengan aturan yang berlaku. Akhir dari pertemuan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ketapang, Drs Nugroho Widyo Sistanto, M.Si menyerahkan Peraturan Komisi Informasi Republik Indonesia, Nomor 1 Tahun 2021 kepada Sekda Ketapang.

Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik se-Kalbar