Wakil Bupati Ketapang Resmi Buka Pelaksanaan TMMD ke -112

TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) Reguler ke-112 Tahun 2021 dilaksanakan di Desa Riam Bunut Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Pembukaan TMMD dilakukan,, Rabu (15/09/2021) bertempat di Ruang Data Makodim Ketapang. TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) Reguler ke-112 Tahun 2021 di Diam Bunut Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang dibuka secara resmi olah Wabup Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si.Hadir dalam pembukaan tersebut Ketua DPRD Ketapang, M.Febriadi, S.Sos, M.Si.

Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan bahwa pelaksanaan TMMD Tahun 2021 yang akan berlangsung 15 September sampai dengan 14 Oktober 2021 ini akan diarahkan pada pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar di Desa Riam Bunut.”Kegiatan TMMD ini harus kita dukung penuh karena diperlukan sinergi antara TNI dengan rakyat serta pemerintah daerah agar desa dapat menjadi lebih berkembang dan mampu menggali dan mengelola potensi serta mengatasi berbagai isu dan persoalan yang ada di desa.” ujar Wabup.

Lebih lanjut wabup mengatakan bahwa melalui semangat gotong royong akan menjadi basis spirit TMMD. “Berbagai kegiatan akan dilaksanakan guna mempermudah aksesibilitas masyarakat dan meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih baik di Desa Riam Bunut” Imbuhnya.Lebih lanjut lagi menurut wabup TMMD bukan semata membangun sarana secara fisik bagi masyarakat desa akan tetapi TMMD juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu dan inovatif dalam mengelola potensi yang dimiliki, serta memiliki kesiapsiagaan dan daya tangkal terhadap ancaman masyarakat dan keutuhan bangsa. “Kita ketahui bahwa jajaran TNI adalah salah satu motor penggerak pendisiplinan protokol kesehatan, oleh karena itu saya yakin kegiatan TMMD ini juga akan dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan serta merupakan salah satu contoh kegiatan produktif di masa pandemi Covid-19.” tegas Wakil Bupati Ketapang.

Ia berharap agar dalam kegiatan penyuluhan hendaknya dapat pula diberikan edukasi kepada masyarakat Desa Riam Bunut untuk beraktivitas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.”Saya juga ingin memberikan apresiasi kepada jajaran TNI dan khususnya kepada bapak Dandim 1203 Ketapang dan jajarannya, selamat menjalankan tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) semoga dapat berjalan dengan lancar dan sukses”, kata Wakil Bupati Ketapang.

Wabup juga berpesan melalui kepala Desa Riam Bunut dan juga Bengaras serta camat Sungai Laur agar masyarakat desa dapat berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam menyukseskan kegiatan TMMD di desa riam bunut. “Hasil dari kegiatan TMMD Reguler ke-112 tahun 2021 ini tiada lain adalah untuk masyarakat di desa itu sendiri.”ucap Farhan.

Wakil Bupati Ketapang.Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta. SH.M.Sc.,dalam sambutannya mengatakan bahwa TMMD adalah Program TNI Manunggal Membangun Desa yang tidak bekerja sendiri melainkan melibatkan lintas sektoral seperti Polri, Kementerian, Lembaga Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serrta segenap lapisan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta. SH.M.Sc.,., juga mengatakan bahwa TMMD Ke-112 ini dilaksanakan selama 30 hari kedepan yang dijadikan menjadi 2 tahap yaitu Fisik dan Non Fisik.

Sasaran fisisk diprioritaskan pada pembangunan Infrastruktur, rehap rumah layak huni, pembangunan jalan rabat beton, pos kamling dan pemasangan lampu penerangan jalan Tenaga Surya, kegiatan Non Fisik diantaranya vaksinasi, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Rekrutmen Prajurit TNI, dan Penyuluhan Pencegahan Penularan Covid-19.“saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang yang telah mendukung dan mengalokasikan anggaran untuk kegiatan TMMD ke-112 ini, harapan kami kepada masyarakat Desa Pegaras, Desa Riam Bunut dapat mendukung penuh agar kegiatan dapat terselesaikan tepat waktu” ungkap Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta. SH.M.Sc.

Hadir pula dalam pembukaan tersebut Dandim 1203 ketapang, Kapolres Kabupaten Ketapang, Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, Forkopimda dan Satuan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Dan undangan terkait lainnya.

*Foto. Muhammad Saad