Pemkab Ketapang dukung TTMD reguler ke-116

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang akan selalu mendukung pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-116, ungkap Sekretaris Daerah (Sekda), Alexander Wilyo membacakan sambutan Bupati Ketapang saat membuka acara tersebut di di Desa Harapan Baru Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS), Rabu. 

“Pemerintah Daerah selalu mendukung pelaksanaan kegiatan TMMD di wilayah Kabupaten Ketapang. Termasuk TMMD tahun 2023 yang akan berlangsung selama satu bulan ke depan,” kata Sekda.

Menurutnya, TMMD memberikan dampak positif sehingga harus sama-sama kit dukung dan sukseskan. Sebab diperlukan sinergi antara TNI dengan rakyat serta Pemerintah Daerah agar desa dapat menjadi lebih berkembang, mampu menggali dan mengelola potensi serta mengatasi berbagai isu dan persoalan.

“TMMD ini akan diarahkan pada pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat,” katanya.

Sekda melanjutkan, kegiatan yang berlangsung mulai 10 Mei hingga 8 Juni mendatang bukanlah pertama kalinya. Lantaran beberapa tahun terakhir TMMD sudah berjalan seperti pada 2021 di Desa Riam Bunut Kecamatan Sungai Laur. Kemudian 2022 di Desa Sebadan Raya dan di tahun 2023 di Desa Harapan Baru.

Sekda berharap, berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan guna mempermudah aksesibilitas masyarakat dan meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih baik. Misalnya pada pembangunan jalan rabat beton, pemasangan lampu penerangan jalan, rehabilitasi rumah ibadah, paud dan rumah tidak layak huni. 

Bahkan ada kegiatan yang bersifat mengedukasi masyarakat tentang isu strategis di tengah berbagai persoalan kebangsaan. Tentunya akan semakin mudah terlaksana melalui semangat gotong royong yang menjadi basis spirit TMMD.

“Jadi TMMD bukan semata membangun sarana secara fisik untuk masyarakat, tapi juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu dan inovatif dalam mengelola potensi yang dimiliki. Serta daya tangkal terhadap ancaman kepada masyarakat serta keutuhan bangsa,” tutur Sekda.

Sekda mengaku kalau apresiasi tentu harus diberikan kepada jajaran TNI khususnya Dandim beserta jajaran, dan berharap kegiatan TMMD dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Camat dan kepala desa serta masyarakat, saya berpesan agar dapat berkontribusi dan berpartisipasi aktif mensukseskan kegiatan TMMD ini, terlebih hasil dari TMMD ini juga akan kembali untuk masyarakat,” pungkasnya. (*)

sumber: https://kalbar.antaranews.com/